WELCOME TO MY BLOG

Cara Memainkan Piano





Cara memainkan alat musik Piano

Piano adalah nama dari sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan pada bagian tertentu menggunakan jari tangan. Kombinasi dari beberapa penekanan pada piano dapat menciptakan nada yang berbeda-beda. Untuk bisa memainkan alat musik piano, setidaknya dibutuhkan keahlian untuk mengontrol koordinasi tangan dan kaki yang baik.


cara memainkan alat musik piano modern
Gambar alat musik Piano modern
Untuk memainkan piano itu sendiri ada beberapa cara bermain piano bagi pemula atau bisa disebut juga cara memainkan piano dengan mudah sehingga kalian nantinya bisa terbiasa dan mahir dalam memainkan alat musik yang eksotis ini.
Menurut kami pribadi, terdapat 3 poin penting yang harus diperhatikan dalam teknik dan cara memainkan alat musik piano untuk pemula, yaitu:
  1. Mengasah kemampuan telinga
  2. Mempelajari ilmu dasar piano
  3. Belajar sekolah musik (opsional)
Untuk yang terakhir dalam teknik dan cara memainkan alat musik piano sebenarnya optional dan tak harus kita lakukan jika memang kalian percaya pada kemampuan diri kalian sendiri. Baiklah, untuk ketiga poin di atas, akan saya coba bahas.

1. Mengasah Kemampuan Telinga

Kenali dan pahami alat musik yang kalian gunakan, sesuaikan keinginan, kemampuan dengan keadaan kalian. Jika kalian tidak memiliki piano sendiri, kalian mungkin bisa berlatih sendiri di sekolah, meminjam teman, dsb.
Pilih Piano atau Keyboard?
Piano memiliki suara yang autentik dari getaran senar, ditambah lagi alat musik ini memiliki 88 buah tuts. Fitur ini tidak dimiliki oleh alat musik yang kita kenal Keyboard.
  • Piano jelas lebih mahal daripada keyboard.
  • Pahami dengan seksama piano yang kalian itu antik/kuno ataukah tergolong piano modern.
  • Jika kalian tidak bisa menggunakan piano, tak ada salahnya menggunakan keyboard sementara.
  • Jangan lupa untuk menggunakan keyboard yang didesain untuk pemula seperti kita.
  • Sering-seringlah melihat video tutorial musik yang cocok dengan style bermain kalian.
Begitulah awal untuk cara memainkan piano bagi pemula. Jangan malu untuk bertanya kepada teman, atau ikut bergabung dengan forum diskusi yang sehobi dengan kalian. Melatih permainan jari kalian juga bisa dengan menggunakan alat musik pianika.
Pemahaman Dasar Bermain Piano
Setelah kalian siap berlatih, duduklah dan biasakan diri kalian berhadapan dengan piano tersebut. Carilah posisi dimana kalian cocok dan nyaman untuk bermain, kenali tombol-tombol dan fitur lain yang terdapat pada piano. Letakkan tempat duduk kalian hingga kaki kalian menjangkau piano. Kenali beberapa nada seperti:

  • Nada tengah
  • Nada datar (tuts hitam sebelah kiri)
  • Nada tajam (tuts hitam sebelah kanan)
  • Nada bas
  • Nada tinggi
Dengarkan dan rasakan musik itu menyatu dengan kalian, cari perbedaan dan pahami kapan penggunaan dari nada-nada tersebut jika kalian sedang bermain. Teruslah berlatih karena hasil yang kalian dapatkan berbanding lurus dengan latihan yang kalian lakukan.
Kenali juga nada dasarnya seperti 1 = C; 2 =D; 3 = E; 4 = F; 5 = G; 6 = A; 7 = B; 8 = C. Selain itu, percaya atau tidak, bergumam saat memainkan sebuah lagu dapat membantu kalian menyesuaikan pola nada yang kalian mainkan.

2. Mempelajari Ilmu Dasar Piano

Jika kita cermati, terdapat total 88 tuts yang ada pada piano. Tuts yang berwarna putih disebut Tuts Natural karena menghasilkan nada yang alami, sedangkan untuk yang hitam dinamai Accidental karena menghasilkan nada yang tajam saat ditekan.


cara memainkan piano
Gambar alat musik Piano kayu
Hal yang perlu kita perhatikan disini, yaitu:
  • C-D-E-F-G-A-B Merupakan tuts natural yang berjumlah 7
    • Ada 5 tuts accidental tiap oktaf
Jangan ragu jika kalian ingin menggunakan buku petunjuk dalam melatih kemampuan kalian bermain piano. Terlebih jika kalian seorang pemain otodidak. Manfaatkan juga teknologi seperti internet, atau melihat video langsung di internet.
Saran kami pribadi, pelajari dulu nada dasar tanpa menyentuh bagian tuts hitam sehingga kalian bisa memahami nada dasar dan tempo lagu yang kalian mainkan, setelah itu tingkatkan lagi kemampuan bermain kalian dengan dilengkapi dengan permainan tuts hitam.

3. Belajar di Sekolah Musik

Setelah kalian mencoba untuk memahami dasar, melatih peletakkan jari dan mencoba beberapa lagu dasar untuk bermain piano, pilihan optional lainnya terdapat di sekolah musik. Memang terkadang orang otodidak tidak menyukai keikutsertaan dalam sekolah musik karena mereka (pemain otodidak) harus mengikuti dari awal lagi.
Bagi kami, sekolah musik memang mengajarkan musik sesuai dengan prosedur yang mereka sudah tetapkan, mudah atau tidaknya proses belajar mengajar kembali lagi kepada pelaku murid dan guru musik itu sendiri.
Jika kalian mencoba untuk mengikuti sekolah atau les musik piano yang bagus, jangan pernah juga kalian menunjukkan kemampuan kalian pribadi kepada orang yang mengajari kalian, karena bisa saja itu hanya akan membuat situasi pembelajaran kalian tidak kondusif lagi dan malah akan merusak pengajaran yang ia coba jelaskan.
Sumber : alatmusikindonesia.com atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Memainkan Piano

Beberapa tips dalam cara memainkan alat musik piano ini kami rangkum dan bisa kalian coba sendiri di rumah, jika menurut kalian cocok sil...